Your Ad Here

Thursday, February 1, 2007

Seluruh Versi Windows Vista Resmi Diluncurkan

Microsoft akhirnya resmi meluncurkan seluruh versi Windows Vista mulai hari ini. Empat versi untuk pengguna pribadi tersedia melengkapi dua versi bisnis yang telah diluncurkan sebelumnya. Sistem operasi yang menawarkan tampilan lebih interaktif dan sistem keamanan baru ini diperkirakan akan diadopsi sekitar 100 juta pengguna komputer di seluruh dunia sampai akhir tahun ini.

Keempat versi baru yang tersedia yakni Home Basic, Home Pemium, Ultimate, dan Starter Edition. Kemampuan menampilkan 3D dan transparan (Aero) serta fitur multimedia seperti Media Center hanya tersedia pada Home Premium dan Ultimate. Sedangkan Starter Edition yang ditujukan untuk pengguna pemula di negara-negara berkembang hanya menyediakan fitur dasar namun tersedia dalam pilihan 70 bahasa pengantar dan dapat bekerja pada spesifikasi hardware rendah.

Secara umum Windows Vista menuntut spesifikasi hadware yang tinggi. Microsoft menyarankan minimal dibutuhkan memori RAM 512 MB, posesor 800 MHz, dan ruang penyimpan 15 GB. David Mitchell, dari firma analis Ovum, memperkirakan sedikit banyak konsumen pati akan kaget terhadap permintaan spesifikasi hardware untuk menjalankan Vista dan bingung dengan versi yang berbeda-beda. Namun, tampilan, fitur pencarian, dan sistem keamanan baru akan menarik perhatian banyak konsumen. Ia memprediksi 15 persen pengguna Windows XP akan beralih ke Vista sampai akhir tahun 2007.

Untuk menikmati Windows Vista, konusmen dipaksa merogoh kocek minimal 100 dollar AS untuk upgrade ke Home Basic hingga 249 dollar AS untuk ke versi Ultimate. Semua versi baru akan tersedia di Indonesia secara resmi pada 15 Februari.

No comments: