Your Ad Here

Saturday, May 26, 2007

[blogs | fadliwae | info] Perubahan Sistem Pencarian Google

Dalam pemeriksaan terbesar sepanjang sejarahnya, Google pada hari Rabu kemarin meluncurkan versi terbarunya yang disebut sebagai pencarian universal. Versi ini merupakan disain ulang yang akan menyediakan hasil pencarian dari berbagai media dalam satu tempat.

Dikombinasikan dengan fitur baru lain, pencarian universal ini tidak hanya membuat pencarian informasi yang relevan lebih mudah tapi juga akan memberikan tekanan yang lebih berat bagi para kompetitor Google.

Ketimbang menggunakan halaman pencarian yang berlainan untuk web, gambar, video dan berita, pencarian universal Google akan menemukan semua link ke semua sumber hanya dalam satu kali pencarian.

Menurut penemu Google, Sergey Brin, hal ini merupakan perubahan terbesar bagi situs serta arsitektur Google setelah beberapa tahun. Pekerjaan ini dimulai kira-kira 2 tahun yang lalu dan lebih dari setengah bagian divisi pencarian perusahaan dikerahkan untuk mewujudkannya.

Selain itu juga diumumkan bahwa akan ada penambahan Universal Navigation Bar di bagian atas dari pencarian Google dan halaman lain. Tujuannya adalah untuk memungkinkan penggunanya melompat ke pelayanan Google yang lain dengan cepat. Misalnya, halaman pencarian utama akan menyediakan link menuju produk Google seperti Images, Video, News, Maps dan Gmail. Halaman Gmail sendiri juga akan menyediakan link menuju Calendar, Documents, Photos dan Groups.

Fitur Contextual Navigation Link baru yang akan muncul di atas halaman tepat di bawah logo akan memungkinkan pengguna untuk memperdalam hasil pencarian. Misalnya pencarian nama seorang selebriti akan memungkinkan anda untuk meng-klik berita. blog, vidio dan gambar untuk hasil yang lebih banyak. Berikut adalah hasil percobaan dengan menggunakan keyword 'Darth Vader'.

Para pengguna dapat mendaftar untuk mencoba fitur-fitur terbaru yang sedang diuji coba oleh pihak Google melalui Google Experimental.

No comments: